KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

INDRI PATRA (241421122)
Skripsi
Pembimbing
Dr. JURIKO ABDUSSAMAD,M.Si (0023076707)
Dr. FENTI PRIHATINI TUI,S.Pd., M.Si (0008027806)
Tanggal Upload
03-06-2023
Abstract

INDRI PATRA. 241421122.2023.Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi. Program Studi S1 Administrasi Publik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Juriko Abdussamad,M.Si. dan Pembibing II: Dr.Fenti Prihartini Dance Tui,S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pegawai dalam pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dikaji dari kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. pendekatan penelitian ini yakni kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa 1 ). Kinerja pegawai dilihat dari kualitas kerja sudah dapat diwujudkan akan tetapi belum sepenuhnya optimal. Hal ini terbukti dari masi ada kegiatan pelayanan yang belum sesuai dengan mutu baku waktu pada SOP, serta masinada pegawai yang kurang cermat dalam melakukan pelayanan; 2). Kinerja pegawai dilihat dari ketepatan waktu sudah dapat diwujudkan, akan tetapi belum sepenuhnya optimal. Hal ini terbukti dari adanya beberapa oknum pegawai yang tidak tepat waktu pada jam masuk dan pulang kantor, serta penyelesaian pelayanan administrasi kependudukan melebihi target waktu; 3). Kinerja pegawai dilihat dari inisiatif sudah dapat diwujudkan, akan tetapi belum sepenuhnya optimal. Hal ini terbukti dari masi ada yang bergantung pada instruksi dari Kepala Seksi sebagai atasannya; 4). Kinerja pegawai dilihat dari kemampuan sudah dapat diwujudkan, akan tetapi belum sepenuhnya optimal. Hal ini terbukti dari tingkat pendidikan dan tingkat keikutsertaan pegawai dalam pelatihan, serta kemampuan pegawai dalam berbahasa inggris masi belum optimal; 5). Kinerja pegawai dilihat dari komunikasi sudah dapat diwujudkan dengan optimal. hal ini terbukti dari adanya pemanfatan teknilogi informasi, adanya pengembangan berbagai bentuk mekanisme komunikasi efektif, serta terjalinnya komunikasi yang efektif antara pegawai dengan pimpinan/atasan maupun antara pegawai dengan rekan kerja. kata kunci: Kinerja Pegawai, dan Pelayanan, Administrasi Kependudukan.