PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERINTEGRASI NILAI-NILAI HUYULA PADA PEMBELAJARAN IPA

NUR AIN RAHIM (433419035)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd (0007117802)
Dr. Ritin Uloli, S.Pd., M.Pd (0007037003)
Tanggal Upload
12-12-2023
Abstract

Nur Ain Rahim. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terintegrasi Nilai-nilai Huyula Pada Pembelajaran IPA. Program Studi Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dr. Ritin Uloli, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terintegrasi Nilai-nilai Huyula Pada Pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Sasaran penelitian yaitu kelas VIII-3 SMP Negeri 1 TAPA dengan melibatkan 25 peserta didik. Hasil analisis menunjukan (1) Kevalidan, dimana perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil 3.50?ngan memperoleh kategori valid. (2) Kepraktisan, dimana keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai presentase 88.89?ngan kategori “sangat baik” dan respon peserta didik memperoleh nilai presentase 83.91?ngan kategori “baik” (3) Kefektifan, dimana tes hasil belajar memperoleh nilai presentase pretest 24.88?n posttest 77.60?n nilai N-Gain yang diperoleh 0.70?ngan kategori “sedang” serta aktivitas peserta didik memperoleh nilai presentase 88.69?ngan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kualitas Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terintegrasi Nilai-nilai Huyula Pada Pembelajaran IPA yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Think Pair Share (TPS), Huyula