PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN GAGASAN PERASAAN DAN PENDAPAT DALAM BENTUK PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA GORONTALO

ELVI (311419003)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd (0029076008)
Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd (0011018301)
Tanggal Upload
15-01-2024
Abstract

Elvi. 311419003. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menyajikan Gagasan, Perasaan, Pendapat dalam Bentuk Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Herman Didipu., S.Pd M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran sugesti imajinasi serta pengaruh model pembelajaran sugesti imajinasi terhadap kemampuan menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk tes keterampilan. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor rata-rata kemampuan siswamenyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi sebelum diterapkan model sugesti imajinasi adalah 56,12. (2) Skor rata-rata kemampuan siswamenyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi setelah diterapkan model sugesti imajinasi adalah 87,77. (3) Terdapat pengaruh signifikan model sugesti imajinasi terhadap kemampuan siswa menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi yang dibuktikan dengan thitung = 15,82 dan ttabel = 2,039, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model sugesti imajinasi terhadap kemampuan siswa menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dapa diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model sugesti imajinasi terhadap kemampuan siswa menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk puisi. Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran, sugesti imajinasi, kemampuan, menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat, teks puisi, siswa