Dita lasiami, 221419045, 2023. “Implimentasi Quiz Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran PPKn Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Dumoga”. Skripsi program studi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, fakultas ilmu sosial, universitas negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, MSi. pembimbing II Asmun W wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat sehingga kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi memiliki pengaruh pada dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran sangat membantu efektivitas proses belajar dalam menyampaikan pesan dan isi pembelajaran. Pengembangan pembelajaran meliputi :manfaat media pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan kriteria-kriteria pemilihan media dalam proses pembelajaran. 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi quiz berbasis website dalam mata elajaran PPKn. 2) untuk mendeskripsikan ssolusi pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi dalam pengembangan pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. 3) untuk mengetahui hambatan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan website. Menurut Nawawi dalam K. Brahim pada 2007:39 (dalam Susanto 2015:5) mengatakan bahwa hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan / pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari siklus 1 siswa mendapat rata-rata 47% sedangkan pada siklus 2 mendapatkan rata-rata 70,17% sehingganya dapat belajar siswa. Hal ini bisa sebagai masukan kepada kepala sekolah SMP NEGERI 2 DUMOGA dijadikan pertimbangan dalam pengembangan medida pembelajaran PPKn.