Fikran Nurkamiden, NIM. 411417115. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Perbandingan Di SMP Negeri 2 Limboto . Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2023. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W. Pomalato, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi Perbandingan. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-5 Tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I yaitu 46,43 % kriteria minimal baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71 kriteria minimal baik. Dari observasi kegiatan guru mengelolah pembelajaran terjadi peningkatan, di siklus I yaitu 50% kriteria minimal baik dan pada siklus II yaitu 87,5 %. Hasil observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 50% kriteria minimal baik dan pada siklus II yaitu 87,50%. Hal tersebut berarti bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada materi Perbandingan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Perbandingan.