Miranda Ali. NIM. 911420153. 2024. “Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di MTs Al-Mabrur Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango.” Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di MTs Al-Mabrur. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Dukungan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Aktivitas Belajar Siswa, yang berarti semakin baik Dukungan Orang Tua maka akan dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,376 atau sebesar 37,6% variabilitas Aktivitas Belajar Siswa dapat dijelaskan oleh Dukungan Orang Tua. Adapun nilai sisa yang dihasilkan atau dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 62,4%. Kata Kunci : Dukungan Orang Tua, Aktivitas Belajar Siswa.