ANALISIS BUTIR SOAL KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 TAPA

DEVITASARI W. S. MATAIYA (431418018)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd (0011017701)
Dr. Chairunnisah J. Lamangantjo, M.Si (0021116603)
Tanggal Upload
15-08-2025
Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kualitas butir soal kognitif buatan guru berdasarkan hasil ujian Akhir Semester Ganjil tahun ajaran 2024/2025 pada mata pelajaran biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan format penelahaan, sedangkan analisis kuantitatif mencakup uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda butir soal. Hasil analisis menunjukan bahwa secara kualitatif, soal memiliki persentase sebesar 80% kriteria baik. Secara kuantitatif, validitas soal yang valid sebanyak 6 soal dan jumlah soal yang tidak valid sebanyak 18 soal. Nilai rata-rata koefisien korelasi biserial yang didapatkan yaitu 0.49 dengan kategori cukup valid. Soal memiliki reliabilitas 0,60 tergolong rendah, tingkat kesukaran rata-rata 0,34 (kategori sedang) dan daya pembeda rata-rata-0,40 (tidak ada daya beda). Mayoritas soal berada pada level kognitif C1 (mengingat) dan C2 (memahami), sementara soal pada level tertinggi seperti C3 dan C4 masih sangat terbatas. Temuan ini mengindikasikan bahwa soal buatan guru perlu ditingkatkan dari reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda agar lebih efektif dalam mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Analisis butir soal, validitas. reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda