Nur Azizah Musa 2023, Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas IV SDN 72 Kota Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si Rumusa masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media geoboard pada pembelajaran matematika khususnya materi menghitung luas persegi dan persegi panjang dapat meningkat”. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media geoboard pada siswa kelas IV SDN 72 Kota Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokemntasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi Berdasarkan data yang telah dianalisis dari siklus I dan siklus II terlihat mengalami peningkatan kemampuanh siswa dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang. pada siklus I hanya memperoleh 25% atau 5 siswa yang telah mencapai ketuntasan, dan pada siklus II naik menjadi 85% atau sebesar 18 siswa yang telah mencapai ketuntasan. Sehnggadapat disimpulkan bahwa kemampuan menghitung luas persegi dan persegi panjang telah memenuhi indikator kinerja pencapaian yang telah ditetapkan yaitu 75?ngan nilai ketuntasan 75 keatas Dengan demikian hipotesis penelitian tindikatan kelas ini dinyatakan bahwa dengan menggunakan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV SDN 72 Kota Tengah. Kata Kunci : Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Media Geoboard