Suhasni, 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa (Suatu Penelitian Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Moh. Rizki Djibran, S.Pd.,M.Pd. Peneltian ini adalah peneltian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre experimental design dengan rancangan one-grub pretest-postest design, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 07 Kota Gorontalo. Pupulasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 07 Kota Gorontalo berjumlah 120 siswa sedangkan pengambilan sampel peneltian dengan teknik purposive sampling berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan uji t. Berdasarkan dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 4.021, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95(23)=1,71. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 7 Kota Gorontalo, dapat diterima. Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Perencanaan Karir, Pemahaman Karir