Sri Jumi Z. Tayeb. 2023. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dengan Model Pembbelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Geografi dii SMA Negeri 1 Bunobogu. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Eng. Sri Maryati. Pembimbing 2 : Rusiyah S.pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi model pembelajaran koopertatif tipe Make a Match model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Bunobogu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang tersebar pada 2 kelas yaitu X IPS 1, XI IPS 2, SMA Negeri 1 Bunobogu. Kemudian data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make a Match diintegrasikan Think Pair Share di kelas eksperimen dan pembelajaran menggunakan metode ceramah di kelas kontrol,dimana skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 82,50 lebih tinggi dari pada kelas control yang hanya 73,50. Berdasarkan hasil perhitungan Uji-T dengan taraf signifikan a = 0,05 diperoleh nilai thitung=12,36 nilai ttabel = 1,703. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match diintegrasikan dengan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Bunobogu. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa