PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 3 GORONTALO

NABILAH (221419057)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Dr. Rasid Yunus, M.Pd (0024028401)
Tanggal Upload
13-01-2024
Abstract

Nabilah, NIM 221419057. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam mata pelajaran PPKn, (2) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Pengembangan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini difokuskan pada kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gorontalo menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing berhasil meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Rekomendasi untuk SMP Negeri 3 Gorontalo melibatkan perhatian pada penilaian yang beragam, mencegah monotoni dalam pengajaran, dan mendorong penerapan metode pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan dinamis. Penemuan ini dapat menjadi kontribusi berharga dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tengah dinamika perkembangan informasi. Kata kunci : Pendidikan, Metode Role Playing, Minat belajar siswa