Lilis R Mamonto 2023, penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas segitiga pada siswa kela IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si, pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalaah “ apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat pada pembelajaran Keliling dan luas segitiga dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran numbered heads together (NHT) untuk menignkatkan hasil belajar keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dapat dilihat setelah dilakukan tindakan siklus I dari 15 siswa yang tuntas 7 siswa atau 47%, yang tidak tuntas 8 siswa atau 53%. Pada siklus II terdapat 13 siswa yang tuntas atau 87?n sisanya terdapat 2 siswa atau 13%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata kunci : Hasil belajar keliling dan luas segitiga, Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Keliling dan luas segitiga.