Nurain Utiya. Nim 411418071. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar Kelas VII Di SMP Negeri 2 Batudaa. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2023. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Siti Zakiyah, S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan bahan ajar yang masih sederhana dan kurang manarik yang lebih berfokus pada keterbatasan materi, rumus, maupun latihan soal yang membuat minat dan hasil belajar siswa kurang dan belum maksimal serta belum adanya penggunaan modul dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bermaksud untuk membuat modul pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi berbentuk aljabar. Model 4D adalah model pengembangan yang dipakai oleh S. Thiagarajan dkk yaitu Define, Design, Development, dan Dessemination. Lembar validasi ahli dan lembar uji kepraktisan modul siswa digunakan sebagai alat pengumpulan data, dan guru dengan subjek 16 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Batudaa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran memenuhi syarat sangat valid berdasarkan temuan validasi materi dan media. Uji kepraktisan modul pembelajaran respon siswa dan guru memenuhi kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah yang telah dibuat yang digunakan dalam modul pembelajaran matematika layak dan bermanfaat untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pada topik bentuk aljabar.