PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGOPTIMALKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

SUKA ADY WIDODO (706522008)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. Mursalin, M.Si (0012045710)
Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd (0007117802)
Tanggal Upload
19-01-2024
Abstract

SUKA ADY WIDODO, 2023. Pengembangan Modul Ajar Project Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengoptimalkan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Energi Terbarukan. Pembimbing I: Prof. Mursalin, M.Si. Pembimbing II : Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul Ajar Project Based Learning dengan Pendekatan Berdiferensiasi Pada Materi Energi Terbarukan dan untuk menganalisis Modul Ajar ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk Modul Ajar Project Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam mengoptimalkan kreativitas peserta didik SMKN 1 Moilong kelas X pada Materi energi terbarukan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kualitas produk Modul Ajar Project Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam mengoptimalkan kreativitas Peserta Didik Pada Materi Energi Terbarukan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yaitu diperoleh hasil validasi 92,86?ngan kategori sangat valid, kepraktisan modul ajar yang digunakan dalam pembelajaran dilihat dari skor keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik berada pada persentase 93,63?ngan kategori sangat baik. Untuk hasil tes kreativitas N-Gain sebesar 0,72 dan 0,75 dengan kategori tinggi, sedangkan untuk kreativitas individu peserta didik terdiferensiasi pada angka 84,23?n 84,03 persen berada pada kategori sangat kreatif dan penilaian produk menggunakan uji t one sample diperoleh t hitung sebesar 5,00 dan t tabel 4,30 dengan probability 0,05. Hal ini berarti t hitung > t tabel sehingga H1 diterima yang artinya bahwa terdapat optimalisasi kreativitas peserta didik dengan kategori baik. Kata Kunci : Modul Ajar, Project Based Learning, Diferensiasi, Kreativitas, Energi Terbarukan.