EVEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MARISA

ZIDANE NENTO (231416057)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd (0003126215)
Helman Manay, S.Pd., M.Hum (0030038704)
Tanggal Upload
20-06-2023
Abstract

Zidane Nento, NIM: 231416047, Judul Skripsi Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Marisa. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj Resmiyati Yunus. Pembimbing II Bapak Helman Manay, M.Hum. Tujuan Penelitian ini adalah: Pertama, Untuk Mengetahui proses perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marisa yang di awal dengan proses perencanaan pembelajaran dalam menyusun prangkat pembelajaran serta persiapan sebelum pelaksanaan, Kedua, Mengetahui proses pembalajaran yakni melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Marisa dan Ketiga, Mengetahui proses evaluasi pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber yang digunakan berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama, Proses perencanaan yang memuat perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus serta bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Marisa pada penyusunan perangkat pembelajaran guru di SMA negeri 1 Marisa diberikan sosialisasi berupa pelatihan terkait proses perencanaan yang memuat perangkat pembelajaran berupa Rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, bahan ajar yang akan digunakan serta media platform atau aplikasi pendukung proses komunikasi jarak jauh yakni Zoom, google classroom, whatsapp dan lain sebagainya yang bisa menunjang proses pembelajaran dalam jaringan. Selanjutnya Kedua, pada pelaksanaan pembelajaran daring terutama pada mata pelajaran sejarah di SMA 1 Marisa berlangsung efektif, hal ini diakui dengan melihat respon siswa saat memulai memasuki ruang kelas online, meskipun melaksanakan proses tanpa tatap muka atau jarak jauh namun antusias siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran sejarah dinilai baik oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Marisa, pembelajaran daring ini baik guru maupun siswa dituntut untuk menggunakan handphone atau komputer sebagai alat pendukung komunikasi jarak jauh, sudah barang tentu di dalamnya sudah memuat aplikasi pendukung seperti Google meet, zoom atau pun whatsapp. Ketiga hasil dari evaluasi perlu adanya analisis tentang penyebab dari hasil tersebut. Penilaian dari hasil pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marisa meliputi ranah kognitif, afektif, dan Psikomotorik sama seperti penilaian yang ada pada kurikulum 2013 sebelum pelaksnaanya hanya saja lebih melihat ke aktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, SMA Negeri 1 Marisa