Andini Hinta. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Make A Match menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Rumusan masalah dalam penenlitian ini yaitu “Apakah Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V pada pembelajaran IPS Di SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo? Metode penenlitian yang digunakan adalah Penenlitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dari 25 orang siswa yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPS sebanyak 13 orang yang tuntas dengan presentase 52% sedangkan pada siklus I pertemuan kedua terdapat 18 orang siswa yang tuntas dengan 72%. Dari hasil belajar siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua dapat diketahui bahwa indikator kinerja dan indikator capaian belum terpenuhi, sehingga peneliti tetap melanjutkan penelitian ke siklus II untuk bisa membuktikan bahwa model dan media yang digunakan ini dapat berhasil sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama terdapat 23 orang siswa yang tuntas dengan presentase 88% maka dari indikator kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%. Dari indikator kinerja dan capaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%, pada siklus II pertemuan pertama ini megalami peningkatan bahkan melebihi indikator capaian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Make A Match berbantuan media kartu bergambar Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V pada pembelajaran IPS Di SDN 69 Kota Tengah Kota Gorontalo.