HASRUL A. HASAN. 941418084. 2023. Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di PDAM Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Dr. Irawaty Igirisa, M.Si selaku pembimbing I dan bapak Dr. Sukarman Kamuli, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan cara membagikan angket kepada pelanggan PDAM Kota Gorontalo. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 31.138 orang yang kemudian dihitung menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,797. Nilai ini menunjukan sebesar 79,9% variabel kepuasan pelanggan pada PDAM Kota Gorontalo dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh variabel lain yakni kualitas produk dan harga. Makna pengaruh positif signifikan dengan determinasi sebesar 79,7?rarti bahwa pada PDAM Kota Gorontalo kepuasan pelanggan sangatlah ditentukan oleh kualitas pelayanan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan