Asriyani Ambuasi. NIM. 911420100. 2025. “Pengaruh Penggunaan Modul Ajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Bualemo Sulawesi Tengah .” Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd Dan Dosen Pembimbing II Risca Marsanti Halid, S.Pd., M.Pd. Penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul ajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Bualemo Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 56 Siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan modul ajar terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis tentang penggunaan modul ajar berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dan hipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan modul ajar berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Bualemo diterima dalam penelitian ini. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin bagus penggunaan modul ajar, maka semakin meningkat pula hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penggunaan Modul Ajar, Hasil Belajar