PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENYUNTINGAN BAHASA BERBASIS CLIL (CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENYUNTING BAHASA PADA NASKAH KARYA ILMIAH

MIRA MIRNAWATI (703616003)
Disertasi
Pembimbing
Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd (0006086809)
Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd (0029076008)
()
Tanggal Upload
30-05-2023
Abstract

MIRA MIRNAWATI. 2023. Pengembangan Buku Ajar Penyuntingan Bahasa Berbasis CLIL (Content and Language Integrated Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Menyunting Bahasa pada Naskah Karya Ilmiah. Program Studi Linguistik Terapan. Promotor: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd.; Co- promotor 1: Prof. Dr. Mohamad Karmin Baruadi, M.Hum.; dan Co-promotor 2: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan, yaitu (1) Rencana Pembelajaran Semester (RPS) belum disusun dan disampaikan secara utuh kepada mahasiswa sehingga mahasiswa belum mengetahui capaian pembelajaran yang harus mereka raih selama proses pembelajaran satu semester; (2) bahan ajar yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran belum memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam meraih capaian pembelajaran mata kuliah Penyuntingan Bahasa; (3) dosen pengampu belum mengetahui cara menyusun RPS dan menyusun buku ajar sesuai dengan standar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan CLIL dari Marsh (1994) dengan empat karakteristik yaitu konten, kognisi, komunikasi, dan budaya. Teori penyusunan buku ajar memadukan model Tyler (1949), Thiagarajan dkk. (1974), dan Leo (2017). Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga. 1) Mengembangkan RPS berbasis CLIL. 2) Mengembangkan buku ajar berbasis CLIL. 3) Menguji efektivitas buku ajar berbasis CLIL. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi metode RDR dari Borg dan Gall yang dipadukan dengan metode 4D dari Thiagarajan dkk. (1974) melahirkan empat tahapan utama, yaitu studi pendahuluan, desain buku ajar, pengembangan buku ajar, dan uji efektivitas buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal berikut ini. 1) RPS berbasis CLIL berhasil meningkatkan keterampilan mahasiswa menyunting bahasa pada naskah karya ilmiah. RPS berbasis CLIL tampak pada unsur-unsur RPS yaitu pada indikator penilaian dan metode pembelajaran. 2) Buku ajar Penyuntingan Bahasa berbasis CLIL berhasil meningkatkan keterampilan mahasiswa menyunting bahasa pada naskah karya ilmiah. Buku ajar Penyuntingan Bahasa berbasis CLIL tampak pada setiap subbab di setiap bab, yaitu pada subbab materi, subbab latihan, subbab evaluasi, dan subbab tugas mandiri. 3) uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mahasiswa yang dapat dilihat pada hasil pretest dan posttest. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar Penyuntingan Bahasa berbasis CLIL dapat meningkatkan keterampilan menyunting mahasiswa pada naskah karya ilmiah. Kata Kunci: penelitian pengembangan, buku ajar, penyuntingan bahasa, keterampilan menyunting bahasa, naskah karya ilmiah