PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ SMKN 1 BULANGO SELATAN

ARDIYANITA R.LABUNA (532418046)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Ir. Sardi Salim, M.Pd., IPU (0005076805)
Mukhlisulfatih Latief, S.Kom., MT (0010127701)
Tanggal Upload
03-06-2023
Abstract

Ardiyanita R. Labuna. Penerapan Model Problem Based Laerning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perakitan Komputer SMKN 1 Bulango Selatan. (dibimbing oleh Dr. Ir Sardi Salim, M.Pd., IPU dan Mukhlisulfatih Latief, S.Kom., MT). Dari hasil observasi saat PPL, salah satu mata pelajaran di SMK Negeri 1 Bulango Selatan pada kurikulum pendidikan khususnya jurusan TKJ yaitu komputer dan jaringan dasar belum menunjukkan proses pembelajaran yang aktif. Penggunaan metode ceramah yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran tersebut membuat peserta didik tidak memperhatikan apa yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk “Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perakitan Komputer Kelas X TKJ SMKN 1 Bulango Selatan”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa keaktifan peserta didik terhadap pembelajaran perakitan komputer mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7.6% yaitu dari 57,4% menjadi 65% yang berarti model problem based learning telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 65%. Peningkatan tersebut dapat terjadi karena model problem based learning dapat mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran dengan aktif. Kata kunci: model; problem based learning; meningkatkan; keaktifan belajar; perakitan komputer.