PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 SATAP BILUHU

IRVAN E. BARUADI (911419133)
Skripsi
Pembimbing
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd., M.Pd (0024057903)
AGIL BAHSOAN S.Ag., M.Ag (0022117603)
Tanggal Upload
09-06-2023
Abstract

Irvan E. Baruadi. NIM 911419133. 2023. “Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 SATAP Biluhu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd Sebagai Pembimbing I & Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag Sebagai Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Satap Biluhu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa SMP Negeri 2 Satap Biluhu. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 69 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Satap Biluhu. Besaran Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa 31,6% sedangkan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kata Kunci : Penggunaan Facebook, Hasil Belajar Siswa