PEMBELAJARAN POLA TABUHAN REBANA GORONTALO MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 GORONTALO

SUPRIYANTO MAHMUD (341416001)
Skripsi
Pembimbing
Dr. La Ode Karlan., S.Pd., M.Sn. (0025098101)
Rahmawati Ohi., S.Pd., M.Sn. (0008057406)
Tanggal Upload
19-06-2023
Abstract

Supriyanto Mahmud, 2016. Pembelajaran Pola Tabuhan Rebana GorontaloMelalui Metode Drill pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1).Dr. La Ode Karlan, S.Pd.,M.Sn. Pembimbing 2).Rahmawati Ohi, S.Pd.,M.Sn. Pembelajaran Pola Tabuhan Rebana Gorontalo Melalui Metode Drillmerupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode Drill pada pembelajaran musik tradisional di kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Musik Tradisional, Pola Tabuhan, Metode Drill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap penerapan metode Drill yang sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan pola tabuhan 3, 5 dan 7 pada alat musik rabana Gorontalo secara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan pola tabuhan, setiap siswa perlu memupuk kerjasama baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswasecara individu. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaituberdasarkan penilaian individu dengan tiga indikator penilaian, siswa yang mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ berjumlah 8 orang dan satu orang siswa mendapat nilai ‘Baik (B). Selanjutnya berdasarkan penilaian secara kelompok, dari tiga kelompok, dua kelompok mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ dan satu kelompok mendapat nilai ‘Baik (B)’. Kata kunci : Pembelajaran, Pola, Tabuhan, Rebana, Gorontalo, Drill.