SAIFULLAH MAMONTO, 2023. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman yang Tercekam Kekeringan. Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko M.P. Pembimbing II: Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, serta keefektifan dari pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang tercekam kekeringan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Tapa. Pengembangan RPP dan LKPD menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah Lembar Validasi, Keterlaksanaan Pembelajaran, Aktivitas Peserta didik, Angket Respon Peserta didik, serta soal Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan analisis validasi untuk RPP memperoleh nilai persentase sebesar 83,33 % hingga 100 ?ngan kriteria valid dan sangat valid. Selanjutnya hasil analisis validasi untuk LKPD memperoleh nilai persentase sebesar 83,33 % hingga 91,66 ?ngan kategori valid dan sangat valid. Berdasarkan uji coba pada skala terbatas diperoleh hasil analisis kepraktisan. Hasil tersebut dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata 100 ?ngan kategori sangat baik. Selanjutnya untuk aktivitas peserta didik pada pertemuan satu memperoleh hasil sebesar 67,5 % - 78,75 ?ngan kategori baik, dan pertemuan dua memperoleh hasil sebesar 81,25 % - 100 ?ngan kategori sangat baik, serta hasil angket respon peserta didik mencapai skor 70,92 ?ngan kategori baik. Hasil keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta diperoleh dari penilaian guru biologi. Selanjutnya Analisis keefektifan dilihat dari nilai pre-test dan post-test dengan perolehan nilai rata-rata pre-test 41,3 ?n post-test 84,4 %, dan untuk peningkatan hasil belajar memperoleh nilai persentase N-Gain Score sebesar 81,35 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi dan uji coba produk dengan skala terbatas, maka pengembangan RPP dan LKPD pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang tercekam kekeringan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, serta praktis dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Validitas, Kepraktisan, Keefektifan