PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEKNIK DASAR ROLL DEPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SDN 69 KOTA TENGAH

MOH. GUFRON KATILI (831419015)
Skripsi
Pembimbing
Ella H. Tumaloto, S.Pd., M.Pd (0028048705)
Sulasikin Sahdi Kadir, S.Pd, M.Pd (0911049201)
Tanggal Upload
03-08-2023
Abstract

Moh. Gufron Katili, NIM 831419015. Peningkatan hasil belajar siswa pada teknik dasar roll depan melalui model pembelajaran problem based learning kelas v sdn 69 kota tengah, Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ella H. Tumaloto, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Sulasikin Sahdi Kadir, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa pada teknik dasar roll depan melalui model pembelajara problem based learning, kelas V SDN 69 kota tengah?, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa SDN 69 Kota Tengah dalam melakukan gerakan teknik dasar Roll depan pada materi senam lantai.. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan model problem based learning sebagai metode pembelajaran dalam tahap pembeajaran senam lantai dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan dua siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar roll depan pada siswa kelas V SDN 69 Kota Tengah meningkat dari 52.57 pada kondisi awal menjadi 72.88 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 80.69 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam peningkatan hasil belajar roll depan pada materi senam lantai. Kata Kunci: hasil belajar, roll depan, pembelajaran senam lantai, pembelajaran problem based learning.