PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE TERHADAP DAYA SAING PADA PELAKU UMKM DI KOTA GORONTALO

REGINA OCTAVIA IBRAHIM (931419022)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tineke Wolok, S.T, M.M (0023057305)
Zulfia K.Abdussamad, SE, M.Si (0025097904)
Tanggal Upload
06-11-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan pemanfaatan marketplace terhadap daya saing umkm di kota gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sioner. Sam Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 Pelaku UMKM di Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing umkm dan variabel pemanfaatan marketplace berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing umkm. Sedangkan, secara simultan variabel inovasi produk dan pemanfaatan marketplace berpengaruh positif terhadap daya saing umkm di kota gorontalo. marketplace berpengarun Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 66,7%. Dapat disimpullkan bahwa inovasi produk dan pemanfaatan marketplace berpengaruh positif terhadap daya saing umkm di kota gorontalo sedangkan sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Inovasi Produk, Pemanfaatan Marketplace, Daya Saing UMKM