PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATERI TIK MENGGUNAKAN MODEL 4D DI SMK NEGERI 1 SUWAWA

FINKA PALOA (532418039)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Nova Elysia Ntobuo, M.Pd (0021038106)
Arip Mulyanto, M.Kom (0023037603)
Tanggal Upload
29-05-2023
Abstract

FINKA PALOA, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Materi TIK Menggunakan Model 4D di SMK Negeri 1 Suwawa, (Dibimbing Oleh pembimbing 1 Dr. Nova Elysia Ntobuo, M.Pd dan Pembimbing 2 Arip Mulyanto, M.Kom) SMK Negeri 1 Suwawa merupakan SMK yang memiliki jurusan teknik komputer jaringan (TKJ). Salah satu mata pelajaran dalam jurusan teknik komputer jaringan yaitu mata pelajaran Informatika. Pada mata pelajaran informatika terdapat beberapa elemen materi, salah satunya materi TIK. Dari hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar pada materi TIK, antara lain kurangnya media pada sistem pembelajaran yang mengakibatkan siswa menjadi kurang fokus dan kurang tertarik mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dan penggunaan metode pembelajaran guru yang masih konvensional sehingga materi yang diterima oleh siswa belum sepenuhnya menggambarkan pengetahuan mata pelajaran yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai pelengkap sumber belajar bagi guru pada materi TIK dan membantu proses pembelajaran agar menjadi lebih mudah. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial pada proses pembelajaran pada materi TIK. (3) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial pada materi TIK?. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Adapun hasil penelitian terhadap media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial yaitu Ahli materi memperoleh nilai presentase 89,00?ngan kriteria sangat valid. Ahli materi memperoleh nilai presentase 97,5?ngan kriteria sangat valid, dan respon pengguna/siswa memperoleh nilai persentase 88,51?ngan kriteria sangat layak. Dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata materi TIK. Kata kunci: Media Pembelajaran; Video Tutorial; Teknologi Informasi dan Komunikasi