Dwilita Latifa Tonggi. 2024. Untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi kerajinan tangan dari barang bekas Di kelas IV SDN 26 Kota Selatan. skripsi, jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Hendrayanto,M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan materi kerajinan tangan dari barang bekas dapat meningkatkan kreativitas siswa”? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Rupa dengan materi membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian yang menggunakan suatu tindakan untuk mengatasi masalah di kelas guna memperbaiki proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,observasi dan tes . Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi dirinya serta masyarakat. Selain itu, keterampilan membuat kerajinan tangan dari barang bekas terbukti dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas IV SDN 26 Kota Selatan. Berdasarkan penelitian diperoleh Data penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa adalah 68 dengan persentase ketuntasan 28%. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 75 dengan persentase 55%, meskipun masih di bawah standar. Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus II, dengan nilai rata-rata mencapai 80 dan persentase ketuntasan 85%, menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang diajarkan oleh guru dilakukan dengan baik, seperti terlihat dari meningkatnya skor aktivitas guru dan siswa di setiap siklus. Dengan demikian, keterampilan ini tidak hanya memperbaiki proses pembelajaran, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran seni budaya kelas IV, sebagaimana dibuktikan oleh peningkatan hasil aktivitas dan tes siswa pada setiap siklus. Kata kunci: kreativitas dan kerajinan tangan