PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN TEORI PEMBELAJARAN GAGNE

MUHAMMAD FATHURRAHMAN (702620003)
Disertasi
Pembimbing
Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (0003066007)
Prof. Dr Nurhayati Abbas, M.Pd (0001116107)
()
Tanggal Upload
07-06-2023
Abstract

Muhammad Fathurrahman. 2023. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Teori Pembelajaran Gagne. Program Studi Ilmu Pendidikan. Promotor: Syamsu Qamar Badu. Co-Promotor I: Nurhayati Abbas. Co-Promotor II: Ismail Djakaria. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan buku ajar Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah Pertama berdasarkan Teori Pembelajaran Gagne di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong (2) untuk mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa dan (3) untuk mengetahui implikasi dari pengembangan buku ajar ini. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong tahun akademik 2021/2022. Berdasarkan Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan buku ajar dilakukan dengan tahapan pengembangan 4D sangat layak digunakan berdasarkan uji kevalidan oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Selanjutnya, implementasi produk melibatkan uji coba, analisis hasil uji coba, dan revisi berdasarkan hasil uji coba. Pengujian dilakukan kepada mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong dan mendapatkan respon yang sangat positif, begitu pula dengan respon dosen yang mengampuh mata kuliah kapita selekta matematika II. (2) Keefektifan penggunaan Buku Ajar Kapita Selekta Matematika II Berdasarkan Teori Pembelajaran Gagne dinilai dari hasil tes belajar mahasiswa dan data respon mahasiswa dan dosen. Hasil tes menunjukkan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85%, serta hasil data respon mahasiswa dan dosen berturut-turut sebesar 87?n 95% yang keduanya berada pada kategori kriteria efektivitas ialah "sangat efektif". (3) Implikasi dari pengembangan buku ajar kapita selekta matematika sekolah menengah pertama di program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong berdasarkan teori pembelajaran Gagne ini membantu dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah ini. Dengan demikian, pengembangan buku ajar ini dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa dan layak untuk diimplementasikan dalam pengajaran Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah Pertama. Kata Kunci: teori belajar Gagne, pengembangan buku ajar, pendidikan matematika, efektivitas