Aprilya Dewinta Pakaya. 2023. Analisis Penerapan Supervisi Guru Berbasis Teknologi Digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Prof. Dr. Abd Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan supervisi guru berbasis teknologi digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo, (2) pengorganisasian supervisi guru berbasis teknologi digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo, (3) pengkoordinasian supervisi guru berbasis teknologi digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo, (4) monitoring dan evaluasi supervisi guru berbasis teknologi digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo, (5) tindak lanjut hasil evaluasi supervisi guru berbasis teknologi digital di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan supervisi guru berbasis teknologi digital berada dalam kriteria baik dengan persentase 85,86%, (2) pengorganisasian supervisi guru berbasis teknologi digital berada dalam kriteria baik dengan persentase 85,68%, (3) pengkoordinasian supervisi guru berbasis teknologi digital berada dalam kriteria baik dengan persentase 83,51%, (4) monitoring dan evaluasi supervisi guru berbasis teknologi digital berada dalam kriteria baik dengan persentase 87,16%, (5) tindak lanjut hasil evaluasi supervisi guru berbasis teknologi digital berada dalam kriteria baik dengan persentase 82,46%. Saran: (1) bagi Kepala Madrasah diharapkan untuk meningkatkan perencanaan terutama pada penentuan aspek biaya yang masih berada dalam kriteria kurang baik, mempertahankan pengorganisasian terutama pada penyusunan prosedur supervisi agar sinergi yang tercipta dapat meningkatkan hasil supervisi menjadi optimal, melakukan pengkoordinasian yang baik terutama pada aspek komunikasi agar supervisi dapat berjalan dengan tertib untuk mencapai tujuan, mempertahankan dan terus melakukan monitoring dan evaluasi sehingga dapat dijadikan contoh oleh sekolah lain dalam melihat perkembangan guru pada pencapaian program, meningkatkan tindak lanjut terutama pada aspek pemberian motivasi agar peningkatan profesionalisme guru dapat dilihat secara nyata; (2) bagi guru diharapkan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, agar hasil belajar siswa dapat dicapai sesuai dengan tujuan dan target madrasah; (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya dengan lokasi penelitian, rumusan masalah, ataupun metode yang berbeda. Kata Kunci: Supervisi Guru, Teknologi Digital