Triwahyudin Efendi A. Nggilu. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Pemahaman Menyajikan Data Dalam Bentuk Diagram Pada Siswa Kelas V SDN 12 Bongomeme. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo; Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyajikan data dalam bentuk diagram pada siswa kelas V SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Tujuan Penelitian ini meliputi: melihat efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman menyajikan data dalam bentuk diagram pada siswa kelas V SDN 12 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data dari 19 siswa yang diberikan tindakan yang tuntas hanya 11 siswa atau sebesar 58?n yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa atau sebesar 42%, pada siklus II meningkat 26?ri 19 siswa yang diberikan tindakan, yang tuntas sebanyak 16 siswa atau sebesar 84?n yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau sebesar 16% . Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan dengan penggunaan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam menyajikan data dalam bentuk diagram pada siswa kelas V SDN 12 Bongomeme meningkat. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Pemahaman Siswa, Diagram