PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 PALELE BARAT

SANTI S ARSYAD (231416047)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd (0003126215)
Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A (0002027011)
Tanggal Upload
16-06-2023
Abstract

Santi S Arsyad, Nim 231416047, Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Peleleh Barat. Skrispsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Resmiyati Yunus M.Pd Dan Pembimbing II Tonny Iskandar Mondong, S.S, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pertama,pelaksanaan pembelajaran sejarah pada masa pandemic covid 19 di SMA negeri 1 palele barat., Kedua, Dampak dari Pelaksaan Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palele Barat pada masa Pandemi Covid-19. Metode Penelitian yang di gunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif, adapun tahap-tahap dalam Metode Penelitian Kualitatif yaitu, Pendekatan Penelitian kualitatif, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data dan Keabsahan Data. Hasil Penelitian ini, Pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah pada masa pandemic Covid-19 di SMA Negeri 1 Palele Barat yaitu, pembelajaran Sejarah pada masa Pandemi Covid-19 di Laksanakan mulai pada awal Tahun 2020, dimana saat itu penyebaran Covid-19 telah masuk di Wilayah Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Sehinggah untuk mengantisipasi bahayanya yang semakin meluas, Pemerintah Kemudian Mengeluarkan Kebijakan Pelaksanaan Pembelajaran dari rumah yang di laksanakan dengan dua cara yakni Pembelajaran luar Jaringan (Luring) dan Dalam Jaringan (Daring). Kedua Dampak dari Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palele Barat pada masa Pandemi Covid-19 yaitu, adapun kendala-kendala yang dihadapi saat Pembelajaran Luring adalah terkait dengan Geografis yakni Kondisi Medan Jalan yang harus dilewati baik oleh Guru maupun Peserta didik ke titik Pertemuan. Selain itu pada kondisi tertentu seperti Hujan, maka Pembelajaran tidak dilaksanakan karena Guru maupun Murid tidak bisa menuju Tempat Pertemuan yang telah ditentukan. Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran Daring yang dilaksanakan pada pertengahan Tahun 2021 sampai dengan Pertengahan Tahun 2022 adalah kurang maksimalnya Guru dalam menjelaskan Materi Sejarah dan kurangnya Kontrol Guru terhadap ruang Kelas dan Aktivitas Peserta Didik selama Pembelajaran sejarah berlangsung. Meskipun demikian, Pembelajaran Sejarah pada masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Palele Barat pada akhirnya tetap terus berlansung meskipun ditengah kendala-kendala yang ada. Kata Kunci : , Pelaksanaan, Pembelajaran, Sejarah, Pandemi COVID-19, Di SMA Negeri 1 Peleleh Barat