PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII MTS AL-KHAIRAAT KAWANDANG

FATMAWATI OLII (911420104)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Radia Hafid, S.Pd.,M.Si (0025047103)
Dr. Rizan Machmud, S.Kom.,M.Si (0016078304)
Tanggal Upload
17-10-2024
Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Pembelajaran Online Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII Mts AlKhairaat Kwandang. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kuantitatif, Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Mata Pelajaran IPS Terpadu DI Kelas VII Mts AlKhairaat Kwandang. Jumlah sampel sebesar delapan puluh responden, dengan pengambilan keputusan sampel enam puluh dua, yaitu Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu DI Kelas VII Mts AlKhairaat Kwandang. Dengan penggunaan jenis sampling proporsional random sampling yang juga merupakan tehnik/pengembangan dari tratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier Sederhana dengan batuan program SPSS v27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari implementasi pembelajaran online terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII MTS Al-Khairaat Kwandang. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan skor aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran online dibandingkan dengan sebelum mengikuti pembelajaran online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pembelajaran online dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Disarankan kepada pihak sekolah untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan penggunaan pembelajaran online sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran Online, Aktivitas Belajar Siswa.