Liskawati Kadir. Strategi Penguatan Petani Cabai Rawit Dalam Pemasaran di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Dibimbing oleh Dr. Ir. Asda Rauf, Msi dan Yanti Saleh, SP.M.Pd Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam penguatan petani cabai rawit dalam pemasaran di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo, 2) Merumuskan strategi penguatan petani cabai rawit dalam pemasaran di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo pada bulan Desember-Januari 2023. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Faktor internal yaitu lahan yang digunakan adalah milik sendiri, pengalaman petani dalam pengembangan usahatani cabai rawit, adanya arahan dari penyuluh terhadap petani dalam penguatan usahatani cabai rawit, cabai rawit termasuk dalam komoditas unggulan, hasil produksi cabai rawit tidak menentu, harga jual cabai rawit berfluktuasi, saluran pemasaran masih belum efektif, komoditas cabai rawit yang mudah rusak dan busuk dan posisi tawar petani lemah. Faktor eksternal yaitu adanya dukungan pemerintah, adanya ketersediaan bibit dan pupuk, adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya peningkatan kualitas cabai rawit, kondisi cuaca yang tidak stabil, harga bibit dan pupuk yang semakin sulit dijangkau oleh petani, adanya serangan hama penyakit, adanya pesaing. 2) Strategi penguatan petani dalam pemasaran cabai rawit di Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo yakni berada pada kuadran I mendukung strategi yang agresif atau SO (Strenght-Opportunities) dengan menggunakan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman yang ada sehingga meraih peningkatan. Kata Kunci : Strategi penguatan, petani dan analisis SWOT