ARIF RAHMAN SUPU. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi pada Materi Sistem Komputer (dibimbing oleh Dr. Jemmy A. Pakaya, M.Kom. serta Arif Dwinanto, S.SI., M.Pd., MCE) Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan utama di SMK Negeri 1 Paguyaman kelas X, yaitu sulitnya siswa dalam mempelajarai materi sistem komputer terutama pada perakitan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran Game Edukasi dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Game Edukasi. Metode penelitian yang digunakan Reseach and Development dengan model Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi di SMK Negeri 1 Paguyaman pada materi sistem komputer dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan (2) hasil penelitian melalui pengujian kelayakan yang memiliki tingkat validitas kelayakan sesuai penilaian oleh ahli materi memperoleh rata-rata presentase kelayakan 95.7%, ahli media memperoleh rata–rata presentase kelayakan sebesar 82?ngan kategori sangat layak. Hasil penilaian uji responden mendapatkan jumlah presentase sebesar 86.9?ngan kategori sangat layak. Demikian media pembelajaran berbasis game edukasi pada materi sistem komputer dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas X SMK Negeri 1 Paguyaman. Kata Kunci: Game Edukasi, Sistem Komputer, Perakitan Komputer.