PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA SUNNAH KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

ROSMALIA (153420031)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Rapi Us.Djuko,M.Pd (0009096706)
Sri Rawanti,S.Pd.,M.Pd (0020099304)
Tanggal Upload
12-09-2024
Abstract

Rosmalia. 153420031. 2024. Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Dra Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing (II) Sri Rawanti S.Pd.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif (One Group Pretest-Posttest). Populasi penelitian ini terdiri dari 27 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo yang berjumlah 15 anak. Teknik analisis data dilengkapi dengan cara pengolahan data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pre-test, memperoleh nilai median sebesar 18,26 dan standar deviasi sebesar 3,71. Sementara itu, rata-rata data post-test yaitu 31,8 dan standar deviasi total 4,76. hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat besar sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (α) = nol,05, ttabel = 2,131, maka nilai thitung = 8,67. Jadi thitung > ttabel; 8.67 > 2.131 dengan kata lain thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika demikian, maka terdapat pengaruh pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci: Pembelajaran STEAM; Kreativitas; Anak Usia Dini