PENGARUH METODE RESITASI MENGGUNAKAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTS AL KHAIRAT KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

DELIANA FATMAWATI ALI (911416011)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Irina Popoi, M.Pd (0028026007)
Sudirman, S.Pd, M.Pd (0020048202)
Tanggal Upload
17-05-2023
Abstract

Deliana Fatmawati Ali. 911 416 011. 2023 pengaruh metode resitasi dengan menggunakan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al Khairat Kwandang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd M.Pd dan Bapak Sudirman S.Pd M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi dengan menggunakan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al Khairat Kwandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Experiment. Data penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket online Google From di MTsAl Khairat Kwandang, sehingga data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh metode resitasi dengan menggunakan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSTerpadu di MTs Al Khairat Kwandang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode resitasi dengan menggunakan LKPD berpengaruh negative dan signifikan sebesar 0,065 terhadap hasil belajar siswa. Setiap peningkatan metode resitasi dengan menggunakan LKPD tidak akan diikuti dengan peningkatan kinerja hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al Khairat Kwandang. Kata Kunci : Metode Resitasi Dengan Menggunakan LKPD, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu.