EFEKTIVITAS PELAYANAN PETUGAS BPJS KESEHATAN TERHADAP MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (MOBILE-JKN) DI KANTOR CABANG BPJS KESEHATAN GORONTALO

MOHAMAD ZULHAM ALI (811419094)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Herlina Jusuf, Dra., M.Kes (0001106308)
Dr. Sylva Flora Ninta Tarigan, SH., M.Kes (0023038203)
Tanggal Upload
08-06-2023
Abstract

Mohamad Zulham Ali. 811419094. 2023. Efektivitas Pelayanan Petugas BPJS Kesehatan Terhadap Masyarakat Pengguna Aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (Mobile-JKN) Di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Gorontalo. Skirpsi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Herlina Jusuf., M.Kes dan Pembimbing II Dr. Sylva Flora Ninta Tarigan, SH., M.Kes Teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan dalam bisnis ataupun organisasi untuk mencapai suatu efektivitas dalam pelayanan sehingga menyebabkan setiap pelaku bisnis ataupun organisasi merasa perlu menerapkannya di lingkungan kerja. Begitupun dengan BPJS Kesehatan yang memiliki inovasi terbaru dengan meluncurkan Aplikasi Mobile-JKN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan petugas BPJS Kesehatan terhadap masyarakat pengguna Aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (Mobile-JKN) di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Gorontalo. Jenis Penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat pengguna aplikasi Mobile JKN yang berkunjung di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Gorontalo dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian bahwa efektivitas pelayanan petugas berdasarkan faktor waktu (76,6%), faktor kecermatan (81,4%) dan faktor gaya pemberi layanan (88,5%). Kesimpulan dari 3 variabel pengukuran efektivitas pelayanan petugas BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo berada pada kategori sangat efektif. Disarankan bagi BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo untuk terus konsisten dalam memberikan pelayanan yang efektif serta lebih mengsosialisasikan Aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat. Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Efektivitas, Mobile-JKN