HUBUNGAN ANTARA SELF MANAGEMENT DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI-1 SMA NEGERI 1 TAPA

KIKI SAPUTRI MOKOGINTA (111420005)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons (16036105)
Idriani Idris, S.Pd, M.Pd (2019202)
Tanggal Upload
27-02-2025
Abstract

Kiki Saputri Mokoginta, 2025. Skripsi. “Hubungan antara Self Management dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI-1 SMA Negeri 1 Tapa”. Pembimbing I Dr. Tuti Wantu, M.Pd Kons dan Pembimbing II Idriani Idris, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan positif antara Self Management dan disiplin belajar siswa (penelitian pada Siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Tapa). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 di SMA Negeri 1 Tapa berjumlah 30 siswa dan penentuan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi persamaan Ŷ = 6.130 + 0,938X artinya setiap kenaikan satu skor variabel X (self management) maka diikuti oleh satu skor variabel Y (disiplin belajar) sebesar 0,938, dan telah teruji keberartiannya α = 0,05. Hubungan antara self management dengan disiplin belajar siswa diperoleh koefisien korelasi r = 0,938 dengan koefisien determinasi = 0,879 x 100% = 87,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 87,9% self management pada siswa dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 12,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perolehan hasil Uji T = 14.288, kesimpulannya bahwa hipotesis ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self management dengan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Tapa. Artinya semakin baik self management seorang siswa maka dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. Kata kunci : Self Management, Disiplin Belajar,Aturan Sekolah