Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program tahfidzul Qur’an di MTs Wahdah Islamiyah Bone-Bolango, ditinjau dari 1) perencanaan program tahfidzul Qur’an di MTs Wahdah Islamiyah Bone-Bolango, 2) pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di Mts Wahdah Islamiyah Bone-Bolango, 3) evaluasi program tahfidzul Qur’an di Mts Wahdah Islamiyah Bone-Bolango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kriteria pengujian metode dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program tahfidzul Qur’an yaitu meghafal, muroja’ah, dan tasmi’. Program meghafal dilaksanakan didalam kelas selama tiga jam dibimbing langsung oleh guru tahfidz, dengan target hafalan 15 juz. (2) pelaksanaan program tahfidzul Qur’an yang menggunakan metode yang efektif yaitu metode talaqqi, sima’i, wahdah, kitabah, dan talqin. (3) evaluasi dilakukan setiap pekan dan disetiap bulan untuk melihat berapa jumlah siswa yang mencapai target dan yang tidak mencapai target, untuk siswa yang mencapai target diberi penghargaan dan diikutkan dibeberapa lomba tahfidz. Kata kunci: pengelolaan; program; tahfidzul Qur’an