Penelitian ini berangkat dari permasalahan utama, yaitu "Apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn tentang Simbol Pancasila pada siswa kelas II SDN 8 Kabila?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn terkait Simbol Pancasila melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam mata pelajaran PKn sebanyak 6 orang atau sekitar 37,5 %. Pada siklus II, terjadi peningkatan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 75 bertambah menjadi 13 orang atau sekitar 81,25 ?rdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 8 Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar PKn, Simbol Pancasila