PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI GORONTALO

KARJIANTO (702619002)
Disertasi
Pembimbing
Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I., M.Pd.I (0023117405)
Dr. Rusdin Djibu, M.Pd (0027046409)
()
Tanggal Upload
03-06-2023
Abstract

ABSTRAK KARJIANTO. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Merdeka Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Gorontalo. Program Doktor Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd, Co. Promotor I : Dr. H. Rusdin Djibu, M.Pd, Co. Promotor II : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganilis kondisi objektif bahan ajar Akidah Akhlak yang digunakan Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Gorontalo, (2) Menghasilkan kualitas bahan ajar Akidah Akhlak berbasis Merdeka Belajar di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Gorontalo, (3) Menemukan kefektifan produk bahan ajar Akidah Akhlak berbasis merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar Akidah Akhlak berbasis merdeka belajar dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan utama yaitu 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Berdasarkan hasil temuan menunjukan bahwa (1) bahan ajar Akidah Akhlak yang digunakan di Madrasah Aliyah belum memadai sebagai sumber belajar yang dapat membantu peserta didik lebih aktif dan mandiri, (2) kualitas bahan ajar Akidah Akhlak berbasis merdeka belajar di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Gorontalo dengan nilai kriteria sangat valid, (3) pengujian produk bahan ajar Akidah Akhlak berbasis Merdeka Belajar di Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Gorontalo memiliki nilai dengan kriteria sangat praktis dan efektif dapat digunakan. Kualitas bahan ajar diperoleh melalui hasil penilaian tim ahli, yakni : (1) aspek materi dengan nilai rata-rata 97,1 (2) aspek bahasa dengan nilai rata-rata 95,5 dan (3) aspek media dengan nilai rata-rata 96. Sedangkan hasil pengujian produk hahan ajar, yakni (1) nilai kepraktisan melalui penilaian peserta didik dapat diperoleh nilai rata-rata 90,6, (2) nilai keefektifan melalui penilaian guru dapat diperoleh nilai rata-rata 92,97 dan uji statistik hasil belajar pretest dan postest dapat diperoleh asymp. sig ˂ 0,05 yaitu 000. Kata kunci: Bahan Ajar, Akidah Akhlak, Merdeka Belajar