Lowisa Yeblo .2023. Bagaimana Peran Guru Dalam Menciptakan komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan,Kota Gorontalo. Hasil Skripsi Jurusan Pendidikan Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dr. Pupung Puspa Ardini S.pd., M.pd Dan Pembimbing 2 Yenti Juniarti,S.pd., M.pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Peran Guru Dalam Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji Peran Guru Dalam Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewanto Kota Selatan, Kota Gorontalo.’’ Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diperoleh melalui Observasi, pengamatan, wawancara serta pengumpulan data. Sehingga peneliti dapat Menyimpulkan’’ Bahwa Peran guru sangat penting dalam menciptakan komunikasi efektif bagi aspek perkembangan anak usia dini, karena guru merupakan peran fasilitator, evaluator,mativator dan administrato dalam membentuk watak dan jiwa anak, dengan mendidik, mengasuh, dan mengajar serta mengarahkan anak kearah yang lebih baik . Kata Kunci : Komunikasi Efektif, Metode Sentra, Anak Usia Dini