Sri Wahyuni Wartabone, 2023. Pengaruh Pembelajaran STEM Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing 2 Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM berbasis Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dann nonelektrolit. Penelitian ini dilakaukan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada 2 kelas, masing-masing pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 50 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrument tes pilihan ganda beralasan dengan jumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen skor rata-rata sebesar 84,00 % sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75,00 %. Sehingga skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil Uji-T dengan menggunakan taraf signifikan α=0,05 didapat thitung = 9,72 sedangkan nilai ttabel =1,677. Karena nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pembelajaran STEM berbasis project based learning dapat mempengaruhi hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan noneelektrolit. Kata Kunci :, STEM, Project Based Learning, Hasil belajar.