ANALISIS SOAL URAIAN FISIKA KELAS X BERDASARKAN INDIKATOR PEMECAHAN MASALAH MENURUT HELLER & HELLER DAN POLYA (STUDI PADA SALAH SATU SMA DI BONEBOLANGO)

MELINDA R MAS`UD (421416044)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd (0007117802)
Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Si (0025088602)
Tanggal Upload
18-06-2023
Abstract

Melinda R. Mas’ud, 421416044. Analisis Soal Uraian Fisika Kelas X berdasarkan Indikator Pemecahan Masalah Menurut Heller & Heller dan Polya (Studi Pada Salah Satu SMA di Bonebolango). Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Citron S. Payu, S. Pd, M.Pd. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui karakteristik soal uraian Fisika yang Ditinjau dalam indikator pemecahan masalah dan mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah sisiwa kelas X pada ujian semester dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabila Tahun Ajaran 2022/2023 pada kelas X IPA dengan subjek penelitian kelas X IPA 4 dan IPA 5. Dengan teknik pengambilan data adalah Dokumentasi. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah ditemukan data bahwa peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Kabila dalam menyelesaikan soal Vektor dan jarak perpindahan, ada peserta didik yang menguraikan jawaban sejalan dengan prosedur pemecahan masalah menurut Heller & Heller dan Polya serta ada pula peserta didik yang menguraikan jawaban tidak sejalan dengan prosedur pemecahan masalah menurut Heller & Heller dan Polya.Dapat disimpilkan bahwa karakteristik soal semester ganjil yang memenuhi kriteria pemecahan masalah menggunakan rubrik pemecahan masalah menurut Polya terdapat 80 % yang sesuai dengan indikator pemecahan masalah dan 20 % tidak sesuai dengan indikator pemecahan masalah. Kata kunci: Indikator Pemecahan Masalah, Pemecahan Masalah, Polya, Heller & heller