KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DAN GAYA KOGNITIF SISWA DI MTS NEGERI 1 BONE BOLANGO

REGITA TRIANI MAMONTO (411418084)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Yamin Ismail, M.Pd (0009115907)
Nurwan, S.Pd., M.Si (0009115907)
Tanggal Upload
08-06-2023
Abstract

Regita Triani Mamonto. 411418084. 2023. Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender Dan Gaya Kognitif Siswa Di MTs Negeri 1 Bone Bolango Pembimbing: (1) Drs. Yamin Ismail, M.Pd. (2) Nurwan S.Pd., M.Si Penelitian ini merupakan Penelitian Deskripstif. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gender dan gaya kogntif dapat berpengaruh pada kemampuan penalaran Matematis siswa Di Mts Negeri 1 Bone Bolango. Dengan subjek peneltian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 36 orang. Agar penalaran siswa dapat diketahui diberikan test GEFT yang berupa soal – soal yang terdiri dari gambar – gambar rumit yang di dalam gambar rumit tersebut terdapat bentuk huruf sederhana yang tersembunyi pada gambar rumit. Test ini juga bertujuan untuk mengetahui gaya kognitif dimana gaya kognitif terbagi atas dua yaitu gaya kognitif Field Independent dan Field Independent. Serta apakah antara siswa laki – laki dan perempuan mana yang memilki penalaran yang tinggi dengan cara mengkategorikan penalaran siswa yaitu, tinggi, sedang dan rendah. Yang menunjukkan gaya kognitif laki – laki lebih condong ke gaya kognitif Field Independent sedangkan perempuan lebih condong ke kategori Field Dependent dan siswa laki – laki lebih memilki penalaran yang tinggi dan siswa perempuan lebih ke penalaran sedang. Kata Kunci : Penalaran Siswa, Gaya Kognitif, Gender