Apiyanto Ribunu, 411416036, 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. Skripsi. Gorontalo program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Majid, M.Pd (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pmbelajaran Geogebra lebih baik dibandingkan dengan pembelajran menggunakan media powerpoint terhadap hasi belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media pembelajaran Geogebra lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII di SMP Negeri 2 Suwawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik klaster random sampling sehingga diperoleh untuk kelas VIII-A terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media Geogebra (kelas ekspeimeni) yang iikuti oleh 23 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas yang dibelajarkan dengan media powerpoint (kelas kontrol) yang diikuti oleh 23 siswa. Dalam penelitian ini design yang digunakan adalah pretst-posttest control group design serta Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial dalam penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Geogebra dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint pada materi kubus dan balok. Kata Kunci : Media Pembelajaran Geogebra, Hasil Belajar Matematika, Kubus dan Balok