DESKRIPSI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI YANG DIBELAJARKAN DENGAN ALAT PERAGA JARI TRIGONOMETRI DIKELAS X SMA NEGERI 1 KABILA

MOH. AKBAR GUSASI (411420038)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (0001116107)
Drs. Perry Zakaria, M.Pd (0017086408)
Tanggal Upload
08-04-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan trigonometri dengan bantuan alat peraga jari trigonometri sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilakukan disekolah SMA Negeri 1 Kabila ditahun ajaran 2024/2025 pada semester genap, adapun sasaran penelitian ini ialah kelas X-9 yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 26 perempuan dan 12 laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan tes dan dokumentasi, tes yang diberikan berupa soal berbentuk esay yang berjumlah 9 soal. Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini yakni, analisis data berdasarkan KKM ≥ 75 diperoleh sebesar 78,94% siswa yang telah mencapai batas ketuntasan dan berada pada kategori tinggi, selanjutnya analisis data berdasarkan materi berada pada kategori baik dengan perolehan persentase sebesar 72,22%, dan terakhir analisis data berdasarkan ranah kognitif berada pada kategori baik juga dengan perlehan yang sama yaitu 72,22%. Hal ini menunjukan bahwasanya dengan adanya media pembelajaran alat peraga jari trigonometri dapat menentukan hasil belajar siswa dengan baik dari beberapa aspek yang menjadi sasaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, Alat Peraga Jari Trigonometri, Trigonometri