Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup (suatu penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Suwawa). Desain yang digunakan adalah Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII-A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas yang menggunakan rumus Kolmogrov-Smirnov, dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2.319 dan ttabel = 2.010, karena thitung > ttabel maka H_(0 )dan H_1diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa. Kata Kunci: model pembelajaran TGT, Hasil Belajar