PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA (KELAS XI MAN 1 KOTA GORONTALO)

RINI A SAMIDEN (431418046)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Masra Latjompoh, M.Pd (0012026703)
Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si (0012026703)
Tanggal Upload
17-06-2023
Abstract

RINI ANGGRIANI SAMIDEN. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Gerak Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa (Kelas Xi Man 1 Kota Gorontalo) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Masra Ladjompoh, M.Pd. Co-Pembimbing 2: Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem gerak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttets design. Sasaran penelitian ini kelas XI IPA-A7 MAN I Kota Gorontalo smester Genap pada tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa 38 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan: RPP, LKPD. Dan instrument yang digunakan: Tes. Data Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus presentasi ketuntasan belajar dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dilihat dari nilai pre-test yang diperoleh 27,3%, dan pots-test yang diperoleh 82,36%. Selisi nilai dari hasil pre-test dan post¬-test dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai 0,82?ngan kriteria tinggi. Dapat disimpulakan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mamapu meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem gerak manusia di Man I Kota Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Discovery Learning, Sistem gerak manusia