Fadlun Ladude, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Multiple Representasi Berbasis Intelektual Siswa terhadap Hasil Belajar Asam Basa di SMAN 1 Limboto Barat.Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Mangara Sihaloho M.Pd dan Pembimbing 2 Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Multiple Representasi berbasis intelektual siswa terhadap hasil belajar materi asam basa di SMAN 1 Limboto Barat.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) yang menggunakan bentuk rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 42 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling.Data yang digunakan berupa instrument bentuk tes objektif two tier multiple choice yang berjumlah 15 butir soal.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pretest kelas eksperimen sebesar 27,55?n kelas kontrol sebesar 26,34?n presentase hasil posttest untuk kelas eksperimen sebesar 75,55?n untuk kelas kontrol sebesar 56,82%. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel (6,318 > 1,684)yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Multiple Representasi berbasis intelektual siswa terhadap hasil belajar materi asam basa di SMAN 1 Limboto Barat. Kata Kunci :Multiple Representasi, Hasil Belajar, Intelektual, Asam Basa